Project : Menurunkan biaya pada industri pengelasan

Proses pengelasan GMAW (Gas Metal Arc Welding) secara produktivitas lebih tinggi di banding dengan pengelasan SMAW (Solid Metal Arc Welding), karena pada proses GMAW elektroda atau welding wire di umpan secara otomatis walaupun gerakan torch welding dilakukan secara manual, selain itu pada proses SMAW harus selalu mengganti elektroda jika elektroda sudah habis dan juga terak yang terbentuk lebih sulit di hilangkan.

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas pengelasan adalah :

1. Metoda pengelasan.

2. Welding parameter.

3. Welding speed.

Selain hal tersebut di atas ada satu lagi faktor yang sangat berpengaruh yaitu ukuran atau diameter welding wire. Dipasaran banyak dijumpai ukuran diameter 1.2 sampai 1.4 mm untuk proses GMAW. Berdasarkan riset yang telah kami lakukan pada proses fabrikasi komponen suatu alat berat didapat hasil yang cukup signifikan jika kita mengganti ukuran welding wire dari diameter 1.2 menjadi 1.4 mm.

Kami memiliki pengalaman membantu client kami untuk mengurangi biaya proses dengan mengganti welding wire 1.2 mm (kemasan rol, berat 20 kg) menjadi welding wire ukuran 1.4 mm (kemasan pail/drum, berat 400 kg) dari frekwensi penggantian welding wire jenis roll dan juga dari sisa welding wire yang terbuang saat penggantian welding wire jenis roll. Total penurunan biaya yang dihasilkan sekitar 62 dolar dari satu unit mesin las, bayangkan jika dalan satu pabrik memiliki 100 booth atau unit mesin las dengan memakai welding wire diameter 1. 4 mm berapa keuntungan yang akan diperoleh.

Selain itu  client kami mendapat keuntungan lainnya yaitu dari penurunan waktu proses pengelasan sebesar 30%, jika pembuatan suatu komponen membutuhkan waktu 10 jam dengan proses las memakai kawat las diameter 1.2 mm, waktu proses las akan berkurang menjadi 7 jam, hal ini disebabkan oleh semakin besar ukuran welding wire maka parameter pengelasan (Ampere dan Voltage) yang digunakan juga lebih besar yang pada akhirnya akan menaikkan melting rate. Hal ini sangat menguntungkan jika diterapkan bidang usaha yang core bisnisnya adalah fabrikasi dimana proses pengelasan dilakukan secara kontinyu.

Adapun fasilitas yang dibutuhkan untuk merubah :

1. Capping.

2. Spiral tube.

3. Rak (stroller) untuk penempatan welding wire yang di kemas dalam bntuk pail/drum (weight=400kg).

4. Dan lain-lain

Anda tertarik…? Silahkan hubungi kami

No hp 081284864761

email mandiri@karyateknindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *