Proses Gouging dengan Carbon Arc Gouing

Pengertian Proses Gouging

Mekanisme proses carbon arc gouging adalah sebagai berikut, busur listrik dihasilkan antara ujung carbon gouging dengan benda kerja (metal) , sehingga benda kerja mencair dan pada saat yang sama udara dihembuskan dengan kecepatan yang tinggi untuk membuang logam cair tersebut dan menghasilkan groove atau alur yang bersih. Proses ini sangat mudah sama halnya dengan proses pada manual metal arc welding.

 Applikasi

Proses gouging tidak tergantung oksidasi, hal ini dapat diterapkan untuk berbagai jenis logam, arus DC (elektroda positif) biasanya digunakan untuk baja dan stainless steel, sedangkan arus AC biasanya digunakan untuk besi cor (casting), tembaga dan paduan nikel. Aplikasi yang umum adalah untuk proses back gouging, welding repair antara lain menghilangkan cacat las pada permukaan maupun cacat las bagian dalam dan juga untuk menghilang kelebihan weld metal serta digunakan untuk persiapan bevel atau kampuh las.

Elektroda

Elektroda terbuat dari grafhit (carbon) yang dilapisi tembaga untuk menghindari erosi karbon. Pemilihan jenis dan dimensi carbon gouging berdasarkan kedalaman serta lebar alur yang dibutuhkan dan juga bentuk benda.

Power Source

Menggunakan power source DC dengan elektroda pada kutub positip adalah proses yang paling ideal. Power source AC dengan arus yang konstan juga dapat digunakan dengan menggunakan elektroda spesial. Power source yang digunakan harus memiliki karakteristik output arus yang konstan, jika tidak pada saat busur terjadi akan menghasilakn ledakkan yang cukup tinggi untuk menghancurkan baian ujung elektroda. Besarnya tegangan busur bisa sangat tinggi sekitar 50 Volt.

Supply Udara 

Gouging torch biasanya dioperasikan bersamaan dengan udara yang bertekanan, tekanan supply udara bisa mencapai 45 – 100 Psi untuk memastikan udara bisa mendorong logam yang mencair pada saat proses gouging dan menghasilkan groove atau alur yang bersih.

Pelepasan carbon

Meskipun carbon diambil dari benda kerja, weld metal, aliran udara akan menghilang sisa karbon dari groove atau alur yang dihasilkan. Teknik gouging yang tidak baik akan menyebabkan masalah secara metalurgi terhadap benda kerja salah satunya menghasilkan hardness yang tinggi dan bahkan retak pada benda kerja.

Jenis-jenis carbon gouging

Ada dua jenis carbon gouging.

a. Tipe pointed

b. Tipe Jointed.

Tipe pointed.

 Carbon gougng tipe pointed

Kelemahan dari carbon gouging tipe ini adalah :

30% carbon electroda akam terbuang sia-sia, karena jika dipaksakan terus sampai panjang yang paling terpendek akan terjadi kontak antara carbon gouging dengan torch gouging, hal ini sangat berbahaya baik bagi welder maupun torch gouging.

 

 

Tipe jointed.

JointedDengan menggunakan carbon gouging tipe ini, maka elekroda tidak akan ada yang terbuang atau dengan kata lain efisensi dari jenis jointed ini sekitar 100% karena carbon gouging tersebut bisa di sambung dengan carbon gouging berikutnya sebelum habis  sehingga secara cost atau biaya produksi lebih murah di banding memakai carbon gouging jenis pointed.

 

 

 

 

 

 

Anda berminat dengan carbon gouging tipe jointed. Kami menyediakan carbon gouging jenis jointed untuk ukuran  diameter 8 & 10 mm.

Silahkan hubungi ” PT. Mandiri Karya Teknindo melalui telp. 012 88883042 atau HP. 081284864761, atau dapat email ke marketing@mandirikaryateknindo.co.id

Kami siap memenuhi kebutuhan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *