MKT – 001 Anti Spatter

MKT - 001 Anti Spatter

MKT – 001 Anti Spatter adalah cairan yang berfungsi untuk menghilangkan spatter yang menempel pada permukaan bidang yang di las. Spatter adalah partikel logam yang dihasilkan selama proses pengelasan, spatter terbentuk untuk semua jenis pengelasan, seperti pengelasan MIG/MAG, spot welding, laser welding atau MIG soldering. Dalam aplikasi praktis walaupun semua prosedur termasuk Welding Procedure Specification (WPS) sudah disiapkan dengan baik spatter tetap akan dihasilkan.
Spatter yang menempel pada permukaan bidang yang di las merupakan salah satu jenis cacat sehingga akan mengurangi mutu dari suatu produk yang dihasilkan dari proses pengelasan. Hal ini juga memerlukan proses pengerjaan tambahan (re work) sehingga akan menambah biaya tambahan untuk membersihkan spatter tersebut.
Langkah pencegahan :
1. Bersihkan contaminant dari sambungan yang akan di las (karat, grease dan lainnya) sebelum proses pengelasan.
2. Setting ampere dan voltage yang sesuai.
3. Setting wire speed.
4. Jaga jarak kontak tip dengan benda kerja (Electrode Stick out).
5. Gunakan anti spatter yang sesuai.
Langkah perbaikan :
1. Bersihkan secara total spatter yang menempel pada permukaan bidang yang di las.
2. Gunakan alat yang sesua untuk mebersihkan spatter.
3. Lakukan proses gerinda untuk spatter yang besar dan menancap dipermukaan benda kerja sampai halus.
Kita dapat menggunakan anti spatter untuk menghilangkan jumlah spatter yang menempel pada permukaan bidang yang di las, cara penggunaannya adalah dengan dioleskan pada permukaan atau dengan metode spray sebelum proses pengelasan dilakukan.

Salah satunya adalah MKT – 001 anti spatter yang telah teruji dapat mengurangi jumlah spatter yang menempel pada area sekitar permukaan bidang yang di las. Hal ini juga akan berdampak pada penurunan waktu finishing atau pembuangan spatter yang menempel sehingga akan mengurangi biaya proses secara keseluruhan, selain itu kualitas dari produk juga akan meningkat karena spatter yang menempel pada permukaan produk adalah salah satu jenis cacat yang dapat titik awal terjadinya crack .

Anti Spatter ini Cocok untuk industri yang bergerak di bidang konstruksi maupun fabrikasi, dimana proses pengelasan merupakan proses yang cukup dominan contoh pada industri alat berat.

MKT – 001 anti spatter telah teruji dapat menurunkan sekitar 60% waktu pembuangan anti spatter jika dibandingkan dengan produk yang berasal dari luar negeri (import), dengan harga yang lebih kompetitif tentunya.

Anda ingin mencoba?…Silahkan hubungi kami.

2 Responses to MKT – 001 Anti Spatter

  1. Anita says:

    Apakah bisa dilakukan trial MKT 001 di pabrik kami.
    Kami berlokasi di Cikarang.

  2. admin says:

    Dear bu Anita.

    Lokasi tepatnya di mana dan produk yang di las apa?

    Terima kasih
    Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *