Pemeliharaan Boiler

Pemeliharaan Boiler

Pemeliharaan Boiler Pemeliharaan Boiler adalah suatu kegiatan untuk memelihara atau menjaga boiler dan melakukan perbaikan atau penggantian peralatan yang diperlukan agar Boiler bisa dioperasikan sesuai dengan yang direncanakan. Adapun yang menjadi tujuan More »

Our Client

Our Client

Berikut adalah perusahaan rekanan kami : 1. PT. Bayu Buana Gemilang – Surabaya 2. PT. Cameron International Service – Cikarang 3. PT. Rajawali  Dewanata – Bali 4. PT. Mikgro Metal Perdana – Sulawesi More »

Pengurusan SKT MINERBA

Pengurusan SKT MINERBA

SKT MINERBA SKT PERTAMBANGAN SKT MINERBA adalah Surat Keterangan Terdaftar di Depatemen Mineral dan Batubara, yang selanjutnya disebut dengan SKT, adalah Surat Keterangan tanda terdaftaryang diberikan kepada perusahaan usaha jasa pertambangan Non More »

PEMBUATAN SKT EBTKE Garansi uang kembali

PEMBUATAN SKT EBTKE Garansi uang kembali

SKT EBTKE / SKT PANAS BUMI SKT EBTKE (ENERGI BARU TERBARUKAN DAN KONVERSI ENERGI) SKT EBTKE adalah Surat Keterangan Terdaftar  yang dikeluarkan oleh Ditjen EBTKE. Ditjen EBTKE sendiri adalah Direktorat yang berada More »

Alat Pelindung Diri (APD)

Alat Pelindung Diri (APD)

Alat Pelindung Diri (APD) merupakan alat yang sangat penting untuk menunjang Kesehatan dan Keselamatan Kerja bagi pekerja terutama untuk yang bekerja di bagian lapangan atau pabrik. Biasanya kalau berbicara tentang APD, hal More »

Proses Gouging dengan Carbon Arc Gouing

Proses Gouging dengan Carbon Arc Gouing

Pengertian Proses Gouging Mekanisme proses carbon arc gouging adalah sebagai berikut, busur listrik dihasilkan antara ujung carbon gouging dengan benda kerja (metal) , sehingga benda kerja mencair dan pada saat yang sama udara More »

Welding Procedure Specification (WPS) Design

Welding Procedure Specification (WPS) Design

Welding Procedure Specification (WPS) Design 1. PENDAHULUAN. Welding Procedure Specification (WPS) Design adalah suatu perencanaan untuk pelaksanaan pengelasan yang meliputi cara pembuatan konstruksi pengelasan yang sesuai dengan rencana dan spesifikasinya dengan menentukan More »

Project : Menurunkan biaya pada industri pengelasan

Project : Menurunkan biaya pada industri pengelasan

Proses pengelasan GMAW (Gas Metal Arc Welding) secara produktivitas lebih tinggi di banding dengan pengelasan SMAW (Solid Metal Arc Welding), karena pada proses GMAW elektroda atau welding wire di umpan secara otomatis More »

Peningkatan Kandungan Lokal pada Industri Alat Berat

Peningkatan Kandungan Lokal pada Industri Alat Berat

Alat Berat banyak ditemukan di negara Indonesia sebagai salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia khususnya di daerah Kalimantan dan sekitarnya. Banyak produsen alat berat dari luar negeri membuat pabrik More »

MKT – 001 Anti Spatter

MKT – 001 Anti Spatter

MKT – 001 Anti Spatter adalah cairan yang berfungsi untuk menghilangkan spatter yang menempel pada permukaan bidang yang di las. Spatter adalah partikel logam yang dihasilkan selama proses pengelasan, spatter terbentuk untuk More »

 

Category Archives: Welding

Returnable Pallet, Pallet Besi, Pallet Wire mesh

Kami menyediakan berbagai macam pallet besi termasuk returnable pallet dengan harga kompetitive dan mutu yang terjamin serta life time yang lama.

Didukung oleh tenaga ahli yang berpengalaman di bidang pengelasan, kami menerima pesanan pallet besi sesuai dengan spesifikasi, bahan, bentuk, ukuran yang diperlukan (customize), sesuai dengan keinginan customer, baik customer lokal maupun untuk customer luar negeri (export) dengan menggunakan material standard SNI.

Berikut adalah beberapa contoh produk kami :

Pallet

 

Proses Gouging dengan Carbon Arc Gouing

Pengertian Proses Gouging

Mekanisme proses carbon arc gouging adalah sebagai berikut, busur listrik dihasilkan antara ujung carbon gouging dengan benda kerja (metal) , sehingga benda kerja mencair dan pada saat yang sama udara dihembuskan dengan kecepatan yang tinggi untuk membuang logam cair tersebut dan menghasilkan groove atau alur yang bersih. Proses ini sangat mudah sama halnya dengan proses pada manual metal arc welding.

 Applikasi

Proses gouging tidak tergantung oksidasi, hal ini dapat diterapkan untuk berbagai jenis logam, arus DC (elektroda positif) biasanya digunakan untuk baja dan stainless steel, sedangkan arus AC biasanya digunakan untuk besi cor (casting), tembaga dan paduan nikel. Aplikasi yang umum adalah untuk proses back gouging, welding repair antara lain menghilangkan cacat las pada permukaan maupun cacat las bagian dalam dan juga untuk menghilang kelebihan weld metal serta digunakan untuk persiapan bevel atau kampuh las.

Elektroda

Elektroda terbuat dari grafhit (carbon) yang dilapisi tembaga untuk menghindari erosi karbon. Pemilihan jenis dan dimensi carbon gouging berdasarkan kedalaman serta lebar alur yang dibutuhkan dan juga bentuk benda.

Power Source

Menggunakan power source DC dengan elektroda pada kutub positip adalah proses yang paling ideal. Power source AC dengan arus yang konstan juga dapat digunakan dengan menggunakan elektroda spesial. Power source yang digunakan harus memiliki karakteristik output arus yang konstan, jika tidak pada saat busur terjadi akan menghasilakn ledakkan yang cukup tinggi untuk menghancurkan baian ujung elektroda. Besarnya tegangan busur bisa sangat tinggi sekitar 50 Volt.

Supply Udara 

Gouging torch biasanya dioperasikan bersamaan dengan udara yang bertekanan, tekanan supply udara bisa mencapai 45 – 100 Psi untuk memastikan udara bisa mendorong logam yang mencair pada saat proses gouging dan menghasilkan groove atau alur yang bersih.

Pelepasan carbon

Meskipun carbon diambil dari benda kerja, weld metal, aliran udara akan menghilang sisa karbon dari groove atau alur yang dihasilkan. Teknik gouging yang tidak baik akan menyebabkan masalah secara metalurgi terhadap benda kerja salah satunya menghasilkan hardness yang tinggi dan bahkan retak pada benda kerja.

Jenis-jenis carbon gouging

Ada dua jenis carbon gouging.

a. Tipe pointed

b. Tipe Jointed.

Tipe pointed.

 Carbon gougng tipe pointed

Kelemahan dari carbon gouging tipe ini adalah :

30% carbon electroda akam terbuang sia-sia, karena jika dipaksakan terus sampai panjang yang paling terpendek akan terjadi kontak antara carbon gouging dengan torch gouging, hal ini sangat berbahaya baik bagi welder maupun torch gouging.

 

 

Tipe jointed.

JointedDengan menggunakan carbon gouging tipe ini, maka elekroda tidak akan ada yang terbuang atau dengan kata lain efisensi dari jenis jointed ini sekitar 100% karena carbon gouging tersebut bisa di sambung dengan carbon gouging berikutnya sebelum habis  sehingga secara cost atau biaya produksi lebih murah di banding memakai carbon gouging jenis pointed.

 

 

 

 

 

 

Anda berminat dengan carbon gouging tipe jointed. Kami menyediakan carbon gouging jenis jointed untuk ukuran  diameter 8 & 10 mm.

Silahkan hubungi ” PT. Mandiri Karya Teknindo melalui telp. 012 88883042 atau HP. 081284864761, atau dapat email ke marketing@mandirikaryateknindo.co.id

Kami siap memenuhi kebutuhan anda.

 

MKT – 001 Anti Spatter

MKT - 001 Anti Spatter

MKT – 001 Anti Spatter adalah cairan yang berfungsi untuk menghilangkan spatter yang menempel pada permukaan bidang yang di las. Spatter adalah partikel logam yang dihasilkan selama proses pengelasan, spatter terbentuk untuk semua jenis pengelasan, seperti pengelasan MIG/MAG, spot welding, laser welding atau MIG soldering. Dalam aplikasi praktis walaupun semua prosedur termasuk Welding Procedure Specification (WPS) sudah disiapkan dengan baik spatter tetap akan dihasilkan.
Spatter yang menempel pada permukaan bidang yang di las merupakan salah satu jenis cacat sehingga akan mengurangi mutu dari suatu produk yang dihasilkan dari proses pengelasan. Hal ini juga memerlukan proses pengerjaan tambahan (re work) sehingga akan menambah biaya tambahan untuk membersihkan spatter tersebut.
Langkah pencegahan :
1. Bersihkan contaminant dari sambungan yang akan di las (karat, grease dan lainnya) sebelum proses pengelasan.
2. Setting ampere dan voltage yang sesuai.
3. Setting wire speed.
4. Jaga jarak kontak tip dengan benda kerja (Electrode Stick out).
5. Gunakan anti spatter yang sesuai.
Langkah perbaikan :
1. Bersihkan secara total spatter yang menempel pada permukaan bidang yang di las.
2. Gunakan alat yang sesua untuk mebersihkan spatter.
3. Lakukan proses gerinda untuk spatter yang besar dan menancap dipermukaan benda kerja sampai halus.
Kita dapat menggunakan anti spatter untuk menghilangkan jumlah spatter yang menempel pada permukaan bidang yang di las, cara penggunaannya adalah dengan dioleskan pada permukaan atau dengan metode spray sebelum proses pengelasan dilakukan.

Salah satunya adalah MKT – 001 anti spatter yang telah teruji dapat mengurangi jumlah spatter yang menempel pada area sekitar permukaan bidang yang di las. Hal ini juga akan berdampak pada penurunan waktu finishing atau pembuangan spatter yang menempel sehingga akan mengurangi biaya proses secara keseluruhan, selain itu kualitas dari produk juga akan meningkat karena spatter yang menempel pada permukaan produk adalah salah satu jenis cacat yang dapat titik awal terjadinya crack .

Anti Spatter ini Cocok untuk industri yang bergerak di bidang konstruksi maupun fabrikasi, dimana proses pengelasan merupakan proses yang cukup dominan contoh pada industri alat berat.

MKT – 001 anti spatter telah teruji dapat menurunkan sekitar 60% waktu pembuangan anti spatter jika dibandingkan dengan produk yang berasal dari luar negeri (import), dengan harga yang lebih kompetitif tentunya.

Anda ingin mencoba?…Silahkan hubungi kami.