Kelebihan Pengecatan dengan metode Electrostatic

Dalam bidang industri ada beberapa jenis proses pengecatan atau painting, antara lain :

1. Conventional airspray.
2. Conventional airless.
3. Conventional airassisted
4. High Volume Low Pressure (HVLP).
5. Electrostatic Paint.

Penjelasan lebih detil sebagai berikut,
1. Conventional air spray.
Conventional air sprayMenggunakan udara bertekanan pada Cap udara hingga 7 bar

 

 

 

 

 

2. Conventional airless

Conventional airlessAirless spray hanya menggunakan tekanan tinggi untuk mengatomisasi material cat tanpa adanya angin di dalam sistem tersebut. Airless spray tip digunakan untuk mengatur aliran dan sudut saat proses pengecatan.

 

 

 

3. Conventional Airassisted.

airasisted airless spray   Dengan bantuan sedikit angin untuk memperbaiki sistem atomisasi material cat dengan menggunakan tekanan tinggi

 

 

 

 

4. High Volume Low Pressure (HVLP).

HVLPAngin yang digunakan cukup besar, Cap angin tipe ini menggunakan tekanan angin yang rendah.

 

 

 

 

Masing- masing jenis pengecatan tersebut memiliki transfer efisiensi (%) yang berbeda, transfer efesiensi artinya ratio antara material cat yang menempel pada objek yang di cat terhadap material cat yang terbuang sia-sia. Makin besar transfer efisiensi, makin sedikit material cat yang terbuang sehingga akan menekan cost dari material cat tersebut.

Transfer efficiencyDari tabel di samping ini maka transfer efisiensi yang paling baik adalah jenis pengelasan dengan tipe electrostaic. Selain menghemat pemakaian cat juga painting electrostaic lebih ramah lingkungan, hal ini di karenakan material yang terbuang saat proses pengecatan sangat sedikit jika di banding dengan jensi pengecatan yang lain.

 

5. Painting Electrostatic.

Painting ElectrostaticDengan memanfaatkan prinsip listrik, dimana kutub Negatif akan mengalir ke kutub Positip.

Pada jenis pengecatan ini objek di jadikan kutub positf sedangkan material cat yang digunakan di rubah menjadi kutub negatif, sehingga material cat akan selalu menghampiri objek yang bermuatan positif.

 

Pengecatan dengan metode electrostaitic merupakan metode yang cukup efisien karena material cat yang terbuang lebih sedikit dan juga jenis pengecatan ini lebih ramah lingkungan.

Anda tertari  ?   Segera hubungi kami.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *