Pemeliharaan Boiler

Pemeliharaan Boiler

Pemeliharaan Boiler Pemeliharaan Boiler adalah suatu kegiatan untuk memelihara atau menjaga boiler dan melakukan perbaikan atau penggantian peralatan yang diperlukan agar Boiler bisa dioperasikan sesuai dengan yang direncanakan. Adapun yang menjadi tujuan More »

Our Client

Our Client

Berikut adalah perusahaan rekanan kami : 1. PT. Bayu Buana Gemilang – Surabaya 2. PT. Cameron International Service – Cikarang 3. PT. Rajawali  Dewanata – Bali 4. PT. Mikgro Metal Perdana – Sulawesi More »

Alat Pelindung Diri (APD)

Alat Pelindung Diri (APD)

Alat Pelindung Diri (APD) merupakan alat yang sangat penting untuk menunjang Kesehatan dan Keselamatan Kerja bagi pekerja terutama untuk yang bekerja di bagian lapangan atau pabrik. Biasanya kalau berbicara tentang APD, hal More »

Proses Gouging dengan Carbon Arc Gouing

Proses Gouging dengan Carbon Arc Gouing

Pengertian Proses Gouging Mekanisme proses carbon arc gouging adalah sebagai berikut, busur listrik dihasilkan antara ujung carbon gouging dengan benda kerja (metal) , sehingga benda kerja mencair dan pada saat yang sama udara More »

Welding Procedure Specification (WPS) Design

Welding Procedure Specification (WPS) Design

Welding Procedure Specification (WPS) Design 1. PENDAHULUAN. Welding Procedure Specification (WPS) Design adalah suatu perencanaan untuk pelaksanaan pengelasan yang meliputi cara pembuatan konstruksi pengelasan yang sesuai dengan rencana dan spesifikasinya dengan menentukan More »

Project : Menurunkan biaya pada industri pengelasan

Project : Menurunkan biaya pada industri pengelasan

Proses pengelasan GMAW (Gas Metal Arc Welding) secara produktivitas lebih tinggi di banding dengan pengelasan SMAW (Solid Metal Arc Welding), karena pada proses GMAW elektroda atau welding wire di umpan secara otomatis More »

Peningkatan Kandungan Lokal pada Industri Alat Berat

Peningkatan Kandungan Lokal pada Industri Alat Berat

Alat Berat banyak ditemukan di negara Indonesia sebagai salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia khususnya di daerah Kalimantan dan sekitarnya. Banyak produsen alat berat dari luar negeri membuat pabrik More »

MKT – 001 Anti Spatter

MKT – 001 Anti Spatter

MKT – 001 Anti Spatter adalah cairan yang berfungsi untuk menghilangkan spatter yang menempel pada permukaan bidang yang di las. Spatter adalah partikel logam yang dihasilkan selama proses pengelasan, spatter terbentuk untuk More »

 

Category Archives: Painting

Kelebihan Pengecatan dengan metode Electrostatic

Dalam bidang industri ada beberapa jenis proses pengecatan atau painting, antara lain :

1. Conventional airspray.
2. Conventional airless.
3. Conventional airassisted
4. High Volume Low Pressure (HVLP).
5. Electrostatic Paint.

Penjelasan lebih detil sebagai berikut,
1. Conventional air spray.
Conventional air sprayMenggunakan udara bertekanan pada Cap udara hingga 7 bar

 

 

 

 

 

2. Conventional airless

Conventional airlessAirless spray hanya menggunakan tekanan tinggi untuk mengatomisasi material cat tanpa adanya angin di dalam sistem tersebut. Airless spray tip digunakan untuk mengatur aliran dan sudut saat proses pengecatan.

 

 

 

3. Conventional Airassisted.

airasisted airless spray   Dengan bantuan sedikit angin untuk memperbaiki sistem atomisasi material cat dengan menggunakan tekanan tinggi

 

 

 

 

4. High Volume Low Pressure (HVLP).

HVLPAngin yang digunakan cukup besar, Cap angin tipe ini menggunakan tekanan angin yang rendah.

 

 

 

 

Masing- masing jenis pengecatan tersebut memiliki transfer efisiensi (%) yang berbeda, transfer efesiensi artinya ratio antara material cat yang menempel pada objek yang di cat terhadap material cat yang terbuang sia-sia. Makin besar transfer efisiensi, makin sedikit material cat yang terbuang sehingga akan menekan cost dari material cat tersebut.

Transfer efficiencyDari tabel di samping ini maka transfer efisiensi yang paling baik adalah jenis pengelasan dengan tipe electrostaic. Selain menghemat pemakaian cat juga painting electrostaic lebih ramah lingkungan, hal ini di karenakan material yang terbuang saat proses pengecatan sangat sedikit jika di banding dengan jensi pengecatan yang lain.

 

5. Painting Electrostatic.

Painting ElectrostaticDengan memanfaatkan prinsip listrik, dimana kutub Negatif akan mengalir ke kutub Positip.

Pada jenis pengecatan ini objek di jadikan kutub positf sedangkan material cat yang digunakan di rubah menjadi kutub negatif, sehingga material cat akan selalu menghampiri objek yang bermuatan positif.

 

Pengecatan dengan metode electrostaitic merupakan metode yang cukup efisien karena material cat yang terbuang lebih sedikit dan juga jenis pengecatan ini lebih ramah lingkungan.

Anda tertari  ?   Segera hubungi kami.