Alat Pelindung Diri (APD)

Alat Pelindung Diri (APD) merupakan alat yang sangat penting untuk menunjang Kesehatan dan Keselamatan Kerja bagi pekerja terutama untuk yang bekerja di bagian lapangan atau pabrik.

Biasanya kalau berbicara tentang APD, hal yang sering dikeluhkan oleh si pemakai atau karyawan yang bersangkutana adalah mereka merasa tidak nyaman saat memakai alatpelindung diri (APD) ini, seperti kepala sangat berat saat memakai helmet safety, nafas terasa pengap saat menggunakan masker, kaki terasa kaki melangkah saat menggunakana safety shoes.

Dampak dari mengabaikan pemakaian APD biasanya akan terasa dalam waktu atau jangka panjang, dimana akumulasi dampak tersebut saat karyawan sudah memulai masa non produktif atau saat umur karyawan sudah menjelang pensiun. Untuk itu sangatlah penting untuk memakai APD sejak dini.

Tujuan menggunakan Alat Pelindung Diri adalah sebagai berikut :

Untuk melindungi tenaga kerja dan juga merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja oleh bahaya potensial pada suatu perusahaan yang tidak dapat dihilangkan atau dikendalikan.

Macam-macam Alat Pelindung Diri

1.Alat Pelindung Kepala ( Head Cover)
Tujuan pemakaian alat pelindung kepala adalah untuk melindungi kepala dari bahaya terbentur dengan benda tajam atau benda keras, baik yang sifatnya jatuh, melayang atau meluncur termasuk melindungi diri dari panas radiasi bahan-bahan kimia korosif. Jenis pekerjaan yang memerlukan alat pelindung kepala misalnya pekerjaan di bawah mesin-mesin maupun pekerjaan di sekitar konduktor energy yang terbuka, bekerja pada bidang pengelasan dan bekerja pada bidang konstruksi. Contoh alat pelindung kepala adalah safety helmet, topi plastik, topi plastik berlapis asbes, topi aluminium, dan topi logam.

Helmet

Safety Helmet

 

 

2.Alat Pelindung Mata ( Eye Protector)
Alat pelindung mata digunakan untuk melindungi mata dari kemungkinan kontak dengan bahaya karena percikan atau kemasukan debu-debu, gas-gas, uap, cairan korosif, partikel-partikel melayang atau terkena radiasi gelombang elektromagnetik. Alat pelindung mata terdiri dari 3 macam, yaitu :
A.Kaca mata biasa
B.Kaca mata goggles
yaitu kaca mata yang tertutup semua, tetapi terdapat lubang-lubang kecil sebagai ventilasi.
C.Tameng muka atau kedok las.
Alat ini biasanya digunakan untuk melindung bagian wajah dari panas dan radiasi sinar  pekerja saat melakukan proses pengelasan.                                                                                                                                                                       Contoh gambar :

Kaca mata

Alat Pelindung mata dan wajah

3.Alat Pelindung Telinga ( Hearing Protection)
Alat pelindung telinga bekerja sebagai penghalang antara bising dan telinga dalam. Alat ini diperlukan apabila tingkat kebisingan di tempat kerja sudah mencapai 85 dB diatas 8 jam sehari. Alat pelindung telinga terdiri dari 3 macam, yaitu :
A. Sumbat telinga ( Ear Plugs) mempunyai daya atenuasi suara sebesar 25-30 dB. .
B. Tutup telinga (Ear Muffs) mempunyai daya atenuasi suara sebesar 10-15 dB lebih besar dari sumbat telinga.
Contoh gambar :

Alat Pelindung Telinga

Alat Pelindung Telinga

4.Alat Pelindung Pernapasan ( Respiratory Protection)
Alat pelindung pernapasan diperlukan di tempat kerja dimana udara didalamnya tercemar. Secara umum ada 2 macam alat pelindung pernapasan, yaitu :
A. Respirator atau Purifying Respirator. Alat ini berfungsi untuk membersihkan udara yang akan dihirup oleh pekerja. Alat ini digunakan untuk melindungi pekerja dari bahaya penapasan debu, kabuut, asap, gas dan uap.
B. Breathing Apparatus atau Air Supply RespiratorAlat ini berfungsi untuk memberikan udara bersih atau oksigen kepada yang pekerja yang menggunakannya.                                                                                                                         Contoh gambar :

Alat Pelindung Pernafasan

Alat Pelindung Pernafasan

 

 

 

 
5.Alat Pelindung Tangan dan Jari-jari (Hand Gloves)
Alat pelindung tangan ini paling banyak digunakan, karena kecelakaan yang paling banyak terjadi pada tangan dari keseluruhan kecelakaan yang ada. Menurut bentuknya, sarung tangan dapat dibedakan menjadi :
A.Sarung tangan biasa (Gloves)
B.Sarung tangan yang dilapisi dengan plat logam (Grantlet) yang digunakan di lengan.
C. Sarung Tangan untuk proses pengelasan.                                                                                                                         Contoh gambar :

Alat Pelindung Tangan

Alat Pelindung Tangan

 

 

 

 

 

 

6.Alat Pelindung Kaki (Foot Cover)
Sepatu keselamatan kerja dipakai untuk melindungi kaki dari kejatuhan benda berat, percikan asam dan basa yang korosif, cairan panas dan terinjak benda-benda tajam. Contoh alat pelindung kaki seperti sepatu kulit, sepatu karet, sepatu bot karet, sepatu anti slip, sepatu dilapisi baja, sepatu plastik, sepatu dengan sol kayu/gabus, pelindung betis, tungkai dan mata kaki.                                                                                                                                                               Contoh gambar :

Alat Pelindung Kaki

Alat Pelindung Kaki

 

 

 
7.Alat Pelindung Tubuh
Alat pelindung tubuh berupa pakaian dapat berbentuk apron yaitu pakaian pelindung tubuh yang menutupi sebagian tubuh mulai dari dada sampai lutut dan berbentuk overalls
yaitu pakaian pelindung tubuh yang menutupi seluruh bagian tubuh.
Contoh gambar :

Alat Pelindung Tubuh

Alat Pelindung Tubuh

Jika anda membutuhkan Alat Pelindung Diri (APD) tersebut, anda bisa menghubungi kami melalui email    marketing @mandirikaryateknindo.co.id atau hubungi kami di pesawat 021 88883043

Kami tunggu khabar dari anda.

One Response to Alat Pelindung Diri (APD)

  1. admin says:

    Terima kasih bung. Semoga kesuksesan selalu menyertai anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *